RBR

Rombongan Belajar Remaja

TERBUAI DENGAN LAGU CINTA

Share on :
Oleh : Nani Maryani

Lagu merupakan sarana penenang pikiran dan media yang bisa mewakili ungkapan hati, misalnya lagu cinta yang menjadi sebuah tema lagu yang mungkin paling banyak disukai oleh semua kalangan, dari anak kecil hingga yang sudah lanjut usia sekali pun. Lagu tersebut memberikan makna tidak hanya cinta dalam konteks orang yang sedang memadu kasih, tetapi juga cinta dalam keluarga dan sesama.
Dilihat dari fenomena yang  terjadi saat ini, banyak sekali seorang anak terjangkit virus yang dinamakan “pendewasaan dini”. Hal ini salah satunya adalah karena efek lagu yang sering mereka nyanyikan. Dulu ketika saya masih menginjak Sekolah Dasar (SD), masih banyak penyanyi cilik yang lagunya digemari oleh penikmat-penikmat sesungguhnya seperti anak seusia saya pada waktu itu, seperti cicak-cicak di dinding, diobok-obok, dan sebagainya. Namun saat ini, bisa kita lihat bersama bahwa sangat jarang anak-anak menyanyikan lagu yang seharusnya menjadi konsumsi sehari-hari, mereka justru menikmati lagu yang bisa jadi merupakan lagu orang dewasa yang identik dengan cinta, dan lagu cinta yang mereka sukai biasanya merupakan cinta dalam konteks dewasa.
Pergeseran kesukaan dari lagu anak-anak menjadi lagu cinta inilah yang kemudian membuat anak-anak mengalami pendewasaan dini, karena secara otomatis mereka akan mencermati isi lirik yang ada dalam lagu tersebut. Sehingga meskipun tidak ada yang mengajarkan secara langsung tentang hal-hal yang berhubungan dengan orang dewaasa, mereka akan mengerti dengan sendirinya karena sudah melekat dalam pikiran mereka. Kebiasaan-kebiasaan inilah yang kemudian bisa menyebabkan proses yang dinamakan pedewasaan dini, tidak hanya dewasa dalam berfikir tetapi juga dalam tindakan, dan akhirnya bisa menjadi salah satu penyebab MBA (Married Bye Accident) seperti yang saya bahas pada artikel yang sebelumnya.

Perubahan yang terjadi saat ini memang bisa dibilang biasa-biasa saja, namun dampak yang ditimbulkan bisa membuat banyak perubahan pada pola perilaku anak yang seharusnya mendapat bimbingan yang baik dari orang tua dan lingkungan disekitarnya. Orangtua harus bisa memilah lagu apa saja yang layak untuk didengar anaknya, kerena lagu saat ini banyak sekali yang mengandung lirik yang frontal. Jangan sampai perkembangan  anak-anak menjadi tidak baik hanya karena lagu cinta.

9 komentar on TERBUAI DENGAN LAGU CINTA :

Unknown mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 11.32

bener banget .. :)

legendz elz_malix mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 07.25

pengaruh globalisasi memang tak akan bisa terbendung.,dalam hal ini peran pengawasan terhadap anak sangatlah diperlukan.

Unknown mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 13.27

musik adalah kebutuhan jiwa. jadi jangan bumbui musik dengan pesan-pesan yang tidak patut! - i agree with you

Nia Faridawati Rustandi mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 15.22

banyak hal kecil yang luput dari perhatian publik tetapi justru memberikan akibat yang cukup fatal ke depannya di zaman modern ini. peran orangtua sangat dibutuhkan agar generasi muda bangsa tidak terjebak dalam pendewasaan dini seperti yang diungkapkan oleh penulis.

Unknown mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 15.43

bener banget ini peristiwa yang sangat miris karena sekarang anak lebih sering mendengar lagu-lagu cinta yang sebenarnya untuk kalangan remaja keatas, ini dikarenakan lagu anak-anak jarang dipublikasi, seperti di acara-acara tv jarang sekali lagu anak di publikasi, sehingga akan berpengaruh terhadap sikap anak. seharusnya lagu anak-anak dihidupkan kembali.

Siti Soleha mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 19.42

selain lagu cinta, anak-anak juga harus dijauhkan dari film cinta :P
dan alangkah lebih baiknya anak-anak diajarkan membaca Al-qur'an agar menumbuhkan rasa cintanya kepada Sang Pencipta :)

Nani Maryani mengatakan... 14 Desember 2013 pukul 20.24

terimaksih atas komentarnya :)

Unknown mengatakan... 19 Desember 2013 pukul 17.38

bener bgt tuh, apalagi skarang jg banyak anak boy band yg usianya masih relatif remaja tp bawain lagu cinta..tau sndiri kan contohnya..? hahahha

Sanudin Dzikri mengatakan... 2 Januari 2014 pukul 22.34

pendewasaan diri bukan saja karena lagu cinta

Post a Comment and Don't Spam!