RBR

Rombongan Belajar Remaja

Jejaring Sosial Penyebab Pendewasaan Dini pada Remaja

Share on :
Oleh: Ade Romadoni

Jejaring sosial adalah situs web yang memungkinkan penggunanya membuat profil, melihat daftar pengguna yang tersedia serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalm situs ini. Saat ini perkembangan teknologi informasi sangat pesat hal ini yang membuat jejaring sosial mudah untuk diakses dimasyarakat. Perkembangan internet saat ini terus mengalami peningkatan setiap harinya hal ini dikarenakan  adanya tunjangan-tunjangan dari infrastruktur-infrastruktur yang semakin canggih dan memadai seperti contohnya ponsel dan laptop yang semakin canggih serta biaya internet yang terjangkau untuk semua kalangan tidak hanya kalangan atas saja. Awalnya jejaring sosial digunakan hanya untuk mempermudah komunikasi manusia diberbagai belahan dunia tapi nyatanya pernyataan tersebut sudah mengalami pergeseran, sekarang jejaring sosial tidak lagi hanya untuk komunikasi jarak jauh saja tetapi sebagai wadah pencarian jodoh dan pencarian teman.

Di era modern saat ini siapa yang tidak mengenal facebook dan tweeter, pengguna terbanyak adalah kalangan remaja tapi tidak sedikit juga anak-anak sudah mengakses situs jejaring sosial tersebut. Jejaring sosial merupakan media masa yang sangat dekat dengan remaja, alasan kebanyakan para remaja menggunakan jejaring sosial saat ini ialah untuk mendapatkan informasi dengan mudah dan untuk memperoleh teman yang banyak. Jejaring sosial memang sangat membantu untuk mencari informasi tugas tetapi tidak sedikit pula yang memanfaatkannya hanya untuk bermain-main dan berkicau tidak jelas di facebook maupun tweeter.

Dalam perkembangan jejaring sosial saat ini membuat remaja khususnya megalami kecanduan dalam penggunaannya. Hal ini dapat berdampak buruk bagi perkembangan remaja. Dampak buruk yang dapat ditimbulkan karena kecanduan mengakses jejaring sosial adalah mengurangi konsentrasi belajar anak, anak menjadi pemalas karena mereka lebih sibuk dengan dunia maya dibandingkan dengan mengerjakan sesuatu lainnya yang lebih penting bahkan mereka akan lebih suka dan tekun dalam bermain internet seperti jejaring sosial daripada belajar, menjadi kurang bersosialisasi sebabnya karena jejaring sosial akan membuat remaja khususnya lebih memikirkan diri sendiri tanpa menyadari akan lingkungan sekitarnya.

Jejaring sosial dapat menyebabkan anak mengalami pendewasaan dini karena penambahan teman yang tidak dikenal sebelumnya serta perbincangan maupun chating dijejaring sosial menyebabkan orang yang tadinya tidak kenal menjadi dekat hanya dengan melalui dunia maya. Kebanyakan dari mereka khususnya remaja ketika masuk menggunakan jejaring sosial tidak tidak menjadi dirinya sendiri, mereka bertingkah seoala-olah menjadi pribadi yang sudah dewasa dan bijaksana padahal dalam praktiknya mereka hanya ikut-ikutan dalam menjadi pribadi yang dewasa agar lebih terlihat bijaksana dan disukai banyak teman dijejaring sosial, mereka tidak mengetahui dampak pendewasaan dini akibat dari jejaring sosial itu sendiri.

13 komentar on Jejaring Sosial Penyebab Pendewasaan Dini pada Remaja :

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 14.40

artikelnya ini cukup bagus, perlu dikembangkan lagi bagaimana konsep yang digunakan dalam tujuan artikel ini.

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 14.42

pengalaman pribadi ya mas ? :D

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 14.45

memang bagus mas, tapi alangkah bagusnya jika ditambah gambar

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 14.52

tips-tips apa saja yang diberikan untuk menghindari penyalahgunaan jejaring sosial?

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 14.54

bagaimana dengan pengaruh positif dari jejaring sosial?

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 15.00

Naili Nikhla : iya mba, cuma kemaren aja kurang waktu dalam penulisannya
Yosika : hahaha engga aku ga suka terpaku didepen laptop lama ko hahaha
Alimi : pengaruh positifnya yaitu bisa dijadikan media dalam pembelajaran

Unknown mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 11.34

jejaring sosial malah bikin males belajar tau mas jadinya. abisnya pengalaman pribadi kalo udh berkutik dengan facebook, twitter jadi sering lupa waktu

Unknown mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 12.11

Kenapa jejaring sosial itu bisa jadi proses pendewasaan padahal kan dampak buruknya lebih dominan?

Unknown mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 12.14

gini jawabannya atas pertanyaanku yang diatas itu karena dampak dari jejaring sosial adlah kita dapat berinteraksi dengan orang-orang yang baru dikenal dan menjadi dirinya dirubah seolah-olah telas dewasa dan menjadi sosok yang bijaksana

-' mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 12.26

tapi jejaring sosial banyak setatus-setatus ngeluh bin galau kebanyakan

Unknown mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 12.30

okven : Kan galau juga bentuk dari proses pendewasaan dini mas :)

Unknown mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 20.40

jejaring sosial akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk hal yang bermanfaat :)

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 17.48

Ya itu dia jawabannya mas, kan baik jika digunakan untuk forum diskusi, baut share pembelajaran dan lain-lain

Post a Comment and Don't Spam!