RBR

Rombongan Belajar Remaja

Budaya K-POP

Share on :
Oleh : Arif NurMuhamad
Zaman sekarang budaya artis korea yang disebut dengan budaya K-POP mulai mendunia, termasuk sudah sampai di Indonesia. Banyak diantara remaja-remaja kita dari anak-anak smp sampai para mahasiswa yang meniru gaya dari para artis korea. Mulai dari berpakaian, potongan rambut dan kebiasaannyapun mulai ditiru oleh para remaja di Indonesia. Remaja di Indonesia mulai mengenal budaya ini dari kebiasaan menonton film-film korea dan lagu-lagu pop korea yang mendunia, sehingga lama kelamaan mereka mengetahui bagaimana kehidupan artis-artis korea. Karena lagu-lagunya bagus dan film-filmnya menarik, sehingga banyak orang yang menyukai K-POP, termasuk remaja-remaja yang ada di Indonesia.
Dengan masuknya budaya K-POP di Indonesia, menambah keanekaragaman budaya di Indonesia. Namun hal ini juga berdampak kurang baik bagi Indonesia. Remaja Indonesia mulai meninggalkan budaya sendiri, yang berpakaiannya tidak mencolok, rapi dan sopan, menjadi bergaya glamor. Hal ini akan menyebabkan kehidupan remaja Indonesia menjadi remaja-remaja yang glamoris. Selain itu dengan datangnya budaya tersebut, menyebabkan budaya-budaya asli peninggalan nenek moyang kita mulai tersisihkan.Para remaja kita mulai sedikit demi sedikit meninggalkan budayanya dan beralih mengikuti budaya yang sedang ngetrend yakni K-POP.

Dengan adanya kemajuan teknologi, yang semakin canggih, untuk mengakses informasi semakin mudah. Hal ini juga memudahkan budaya asing untuk masuk ke Indonesia. Namun semua itu dapat kita cegah, jika semua pihak menyadari akan artinya budaya sendiri. Setiap budaya asing yang masuk ke Indonesia harus kita seleksi, mana yang sesuai dengan budaya kita mana yang tidak sesuai. Hal ini penting dilakukan dikarenakan untuk mencegah masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya kita masuk ke Indonesia. Termasuk budaya K-POP yang mulai digandrungi oleh para remaja di negeri kita. Seandainya remaja kita tidak dibatasi, dikhawatirkan mereka akan meninggalkan budayanya sendiri dan beralih ke budaya K-POP, yang secara tidak langsung menjajah Indonesia melalui bidang budaya.

4 komentar on Budaya K-POP :

IKA WULANDARI mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 12.04

Pada paragraf pertama terdapat beberapa kata yang sebaiknya tidak dituliskan seperti "banyak diantara remaja-remaja". Menurut saya paragraf terakhir sebaiknya diletakkan sebagai paragraf pertama. Terima kasih.

muhamad syukur mengatakan... 6 Januari 2014 pukul 22.31

munkin perlu ditambah bukti yang jelas

Ahmad Ghilman mengatakan... 6 Januari 2014 pukul 22.34

budaya k-pop tampaknya mulai kehilangan gaungnya di Indonesia, tergantikan oleh musik dangdut yang penuh dengan goyangan.

aldiansyah putra mengatakan... 15 Januari 2014 pukul 22.45

berbicara mengenai K-POP memang sangat menarik dan tak ada habisnya untuk di teliti. dengan semakin berkembangnya teknologi informasi maka budaya suatu negara dapat dengan mudah masuk ke dalam negara lain seperti halnya budaya K_POP. sebaiknya hal ini perlu di bahas lebih lanjut oleh pemerintah karena di takutkan akan membuat mental-mental generasi mmuda bangsa Indonesia menjadi alay dan berlebiha-lebihan.

Post a Comment and Don't Spam!