RBR

Rombongan Belajar Remaja

COPY PASTE

Share on :


COPY PASTE
Oleh : Suerlin Diah Utami

Kalian tentunya tak asing lagi dengan kata copy paste. Kata tersebut dimaknai dengan menyalin hasil atau bentuk  tulisan karya orang lain. Pelakunya pun dianggap sebagai plagiator. Budaya copy paste membawa dampak positif maupun negatif. Dampak positifnya dapat mempermudah bagi kita dalam proses menulis dan menyebarkan ilmu atau informasi. Informasi tersebut dapat kita publikasikan di internet, buku, dll. Dengan copy paste kita bisa mempermudah dalam pengerjaan tugas-tugas kita, dan tanpa turun kelapangan langsung kita sudah bisa mendapatkan data yang diinginkan.
Namun terkadang kita malas untuk berfikir dan lebih terdorong untuk menyalin karya orang lain. Memang budaya copy paste seringkali tak bisa kita hindari. Tentunya akan membawa dampak negatif menjadikan kita malas untuk berifikir. Dengan membiasakan diri seperti ini, pemikiran kita akan menjadi kerdil dan tidak terlatih, karena secara psikologis otak kita sudah terbiasa dengan hal-hal yang mudah dan ide yang sudah ada. Budaya copy paste dapat mematikan kreativitas kita karena kemalasan kita untuk berfikir. Kreativitas yang tidak bisa dikembangkan akan berdampak buruk karena kamampuan kita untuk berfikir berkurang dan kurangnya  pengetahuan yang kita peroleh. Suatu pemikiran yang perlu kita banggakan adalah bagaimana kita memikirkan sesuatu yang belum orang lain ketahui lalu pemikiran tersebut dapat diterima oleh orang banyak. Itu sudah menumbuhkan suatu kreativitas tersindiri. Kita sebagai penerus bangsa seharusnya lebih berfikir untuk kedepannya, perkembangan teknologi bukan suatu alasan kita untuk copy paste.
Suatu informasi dapat kita terima namun bukan berati kita dapat menyalinnya. Bila kita menyalin hasil karya orang lain lalu akan disebarkan sebaiknya kita meminta ijin terlebih dahulu. Tentu kita setuju dalam copy paste  yang satu ini etika ijin terlebih dahulu kepada penulis aslinya  jangan sampai terlupakan. Tujuannya agar di kemudian hari tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Walaupun dengan menyebutkan sumber tulisan bagian sebagian orang sudah merupakan sebuah etika juga. Sebenarnya budaya copy paste baik atau tidaknya tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Intinya soal copy paste ini tidak harus selalu kita sikapi dengan negatif, karena memang ada sisi positifnya.



6 komentar on COPY PASTE :

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 16.22

artikelnya menarik, menambah wawasan. perlu dikembangkan terus.

Kamunya copy paste ga? :D

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 16.23

hahaha kadang aku juga copy paste tapi kebanyakan engga ko :P

Unknown mengatakan... 5 Januari 2014 pukul 20.35

bagus, kembangkan :D

Unknown mengatakan... 11 Januari 2014 pukul 15.18

bagus artikelnya lanjutkan walaupun masih kurang dalam penggunaan bahasa :D

Unknown mengatakan... 14 Januari 2014 pukul 19.19

artikelnya menarik, kembangkan yaa :)

Unknown mengatakan... 14 Januari 2014 pukul 19.21

bahasanya menarik , perlu dikembangkan karena sudah bagus.

Post a Comment and Don't Spam!