RBR

Rombongan Belajar Remaja

DUNIA FACEBOOK

Share on :


Oleh: Homsa Diyah Rohana
Komunikasi pada dewasa ini tidak mengenal batas, salah satunya dengan adanya komunikasi di dunia facebook. Facebook adalah salah satu fasilitas komunikasi yang ada dalam dunia maya atau internet. Dengan facebook, jarak sepanjang apapun tetap bisa terjangkau, manusia dari belahan dunia manapun bisa terhubung. Asal bisa terhubung dengan internet, semua bisa menggunakan facebook. Di dalam facebook kita bisa menampilkan foto, video, game, musik, dan kita juga bisa membagikannya. Facebook saat-saat ini sangat digandrungi para remaja dimana pada masa itu adalah masa-masa pubertasnya manusia. Facebook menjadi tempat curhat setia sehari-hari mereka, tempat berbagi cerita mulai dari bangun tidur, sampai tidur lagi, bahkan sedang mimpipun bisa jadi. Bedanya dengan buku diary yang biasanya, di facebook ini , perasaan yang kita tuangkan dalam facebook akan terekspost untuk semua orang. Karena pada dasarnya apa-apa yang ada di dunia maya sifatnya untuk publik.

Lalu bagaimana pengaruh adanya facebook dengan remaja ?. Remaja masih sangat labil, mereka suka hal-hal yang baru. Dunia facebook dikalangan remaja bisa menjadi ajang untuk mencari pacar, eksistensi diri, tempat curhat untuk meluapkan segala perasaannya. Misalkan saja, remaja yang sedang suka dengan lawan jenisnya. Setiap satu jam sekali, atau bahkan kurang dari itu, meraka meng-update sebuah tulisan  yang menggambarkan perasaan dirinya saat itu. Dengan upaya agar si lawan jenis yang mereka sukia itu tahu. Padahal walaupun target yang dimaksud membacanya, belum tentu dia menangkap status yang di-update adalah untuknya. Ya, itulah dunia facebook para remaja, penuh dengan sandiwara yang lakonnya beganti-ganti setiap harinya. Selain update status, ada juga berbagai foto narsis yang dipublikasikan mereka  di dalamnya, entah itu foto asli pemilik  facebook atau foto orang lain. Kita tidak bisa mengetahuinya sebelum bertemu langsung dengan pemilik aslinya. Pernah ada suatu kejadian dua anak remaja berlawanan jenis yang berkenalan lewat facebook, keduanya hanya melihat bagaimana profil diri mereka masing-masing lewat facebook saja, semakin hari semakin dekat, hingga akhirnya meraka berpacaran. Dan pada suatu ketika mereka berencana untuk bertemu. Lalu apa setelah mereka bertemu ? keduanya terkaget karena profil asli mereka berdua, 180° berbeda dengan profil mereka yang ada di dalam facebook. Hingga akhirnya mereka putus dan kapok untuk mudah mempercayai segala yang ada dalam dunia facebook.

Begitulah fenomenanya saat ini, remaja yang kurang berfikir kritis dengan apa yang mereka hadapi dan apa yang mereka terima didunia yang semakin tua ini. Bukan salah yang menciptakan atau membuat facebook, tapi kitalah yang harus sadar dan mengerti untuk apa sebenarnya adanya facebook itu, bagimana penggunaaan seharusnya, apa batasan-batasannya, dll. Namanya juga dunia maya, maya berarti semu  atau tipu daya. Bisa saja yang ada dalam dunia mayapun bersifat maya atau tipuan. Facebook adalah salah satu fasilitas komunikasi yang ada di dunia maya. Oleh karena itu, banyak kebohongan yang bisa kita temukan didalam facebook. Kita sebagai remaja yang katanya penerus generasi bangsa, harus bisa berpikir kritis, cerdas dengan itu semua. Jangan mudah percaya dan menerima mentah-mentah apa yang ada di dalam facebook. Dunia facebook adalah dunia permainan,  so !! Kita mesti berhati-hati dalam memainkannya.

5 komentar on DUNIA FACEBOOK :

Unknown mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 07.14

bener banget, dunia maya banyak kebohongan .. (y)

Unknown mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 08.13

kasus kasus kriminal juga semakin meningkat di dunia maya

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 12.44

facebook cukup mengganggu belajar, bagaimana menurut anda cara agar anak tidak kecanduan dengan facebook ?

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 12.45

mb Afi : ya ga usah punya akun facebook lah :)

Kiswah Amalia mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 13.05

bagus mbk,,, memang benar facebook bisa menjadi media komunikasi yang simple + flexibel tpi kita juga harus waspada dengan dampak negatifnya,,:)

Post a Comment and Don't Spam!