RBR

Rombongan Belajar Remaja

Pendewasa Dini dan Sebabnya

Share on :
Oleh Muhammad Rosyid Hidayat
Pendewasaan dini pada anak memang benar adanya. Hal ini saya lihat dari sikap dan perilaku anak - anak yang seringkali saya jumpai, baik di lingkungan rumah, lingkungan kampus, di jalan, di angkutan umum, bahkan di tv. Mereka selalu bersikap dan berperilaku bak orang dewasa. Adik sepupu dan ponakan saya yang berusia sekitar 5-10 tahun misalnya sudah berbicara tentang pacarnya di sekolah, lagu - lagu dewasa selalu yang ia nyanyikan dan berprilaku seperti orang berusia 10 tahun lebih tua. Ironis memang seharusnya usia segitu belum saatnya berprilaku seperti itu, ada masanya seseorang untuk bisa lebih bersikap dewasa. Keadaan seperti ini dibiarkan begitu saja, baik dari para orang tua, pemerintah maupun komisi yang khusus untuk anakpun ikutan diam.
Banyak orang mengatakan, Bangsa Indonesia sudah maju pemikirannya, dilihat dari pemikiran anak - anak yang sudah dewasa. Menurut saya itu pernyataan yang tidak tepat, dewasa seperti apa dulu nih? kalau dewasa yang mengarah ke arah negatif yaitu seperti pendewasaan dini yang berorientasi percintaan, kekerasan dan kejahatan, hal ini akan menjadikan bangsa ini menjadi mundur kualitasnya, tapi kalau dewasa ke arah positif yaitu mampu menciptakan anak - anak yang cerdas dan kreatif dalam pembelajaran positif di sekolah maupun lingkungannya, hal ini akan menjadikan bangsa ini menjadi maju, banyaknya orang - orang yang pintar, cerdas, dan kreatif.

Pendewasaan dini pada anak - anak bisa disebabkan karena Kurangnya Peran Orang Tua terhadap anak - anak. Bisa kita lihat longgarnya pengawasan orang tua kepada anak, anak - anak dibiarkan ikut menonton sinetron yang biasa ibunya atau bapaknya tonton. Tapi apa daya anak - anak sekarang selalu dilepas dari pengawasan orang tuanya, bahkan orang tuanya lebih mengikuti kemauan si anak tersebut. Oleh karena itu, orang Tua seharusnya mampu mengarahkan anaknya untuk menonton hal - hal yang bernuansa anak - anak yang sesuai dengan kapasitasnya sehingga tidak terjadi pendewasaan dini yang merugikan keluarga. 

5 komentar on Pendewasa Dini dan Sebabnya :

Rimbi mengatakan... 20 Desember 2013 pukul 13.21

tulisannya bagus, ditambah lagi yak cid

Unknown mengatakan... 5 Januari 2014 pukul 15.10

ada kasalahan penulisan keyword di akhir paragraf

Unknown mengatakan... 5 Januari 2014 pukul 15.16

solusi yang menurut anda dapat menanggulangi pendewasaan dini ?

Unknown mengatakan... 5 Januari 2014 pukul 16.18

kesimpulannya kurang efektif.. terusin nulis yak

Unknown mengatakan... 5 Januari 2014 pukul 21.11

Kalo menurut gua sih pendewasaan dini juga karena adanya teknologi yang terlalu canggih..... coba aja teknologi ga canggih - canggih banget mungkin hanya berapa anak yang muncul pendewasaan dini

Post a Comment and Don't Spam!