RBR

Rombongan Belajar Remaja

PUBERTAS YANG LEBIH AWAL

Share on :




PUBERTAS YANG LEBIH AWAL

Sungguh disayangkan jika anak sekarang pubertas lebih awal, namun pada kenyataannya memang anak sekarang pubertas jauh lebih awal. Dijaman sekarang pubertas awal sudah dianggap wajar. Perkembangan globalisasi yang tidak seimbang dengan perkembangan mental   yang normal, anak sekarang menjadi sasaran pendewasaan dini baik mental maupun fisik. Perkembangan ini dapat menimbulkan dampak negatif seperti pacaran di jaman sekarang. Memang anak masih labil sehingga tidak seimbang dengan perkembangan fisiknya yang terlalu cepat dan tidak diimbangi dengan ilmu agama serta akhlak yanhg mulia. Seharusnya orang tua lebih memperhatikan anak-anaknya karena di jaman sekarang sudah maju akan adanya teknologi yang memadai. Faktor sosial mempengaruhi perkembangan anak. Suatu keharmonisan dalam keluaga juga dapat memicu perkembangan anak, dimana keluarga yang kurang harmonis anak merasa kurang diperhatikan akibatnya anak akan beralih ke orang lain atau mencari perhatian teman sebayanya seperti pacar. Keadaan di sekolah sekarang hanya memberikan pengetahuan berupa duniawi saja.
Teknologi yang mendunia seharusnya memberikan informasi yang baik bukan menyimpang seperti gaya-gaya anak remaja sekarang sehingga anak di bawah usia 10 tahun menirunya dengan cepat. Pubertas lebih awal ada kekhawatiran bahwa masa puber yang lebih cepat akan menempatkan anak-anak pada risiko kanker payudara dan penyakit jantung yang lebih tinggi, karena meningkatnya paparan estrogen bagi anak perempuan. Misalnya di Amerika Serikat menurut satu penelitian terbaru, lebih dari 10 persen perempuan di negeri tersebut sudah mengalami pertumbuhan dada pada usia 7 tahun. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, masa puber adalah masa transisi perubahan fisik anak-anak menjadi dewasa secara seksual dan sekaligus sebagai masa transisi perubahan psikologis, yang umumnya terjadi dalam rentang usia 9-17 tahun. Banyak faktor yang mempengaruhi tersebut antara lain faktor sosial, faktor nutrisi, maupun faktor Zat Kontaminan.
Pubertas dini tak hanya terjadi pada anak perempuan. Sebuah studi lanjutan menemukan anak laki-laki saat ini mengalami masa puber dua tahun lebih awal, sekitar usia 9 dan 10 tahun. Pubertas sekarang pada laki-laki dan perempuan  lebih cepat 2 tahun. Namun tidak semua anak pubertas lebih awal.

Oleh : Suerlin Diah Utami

10 komentar on PUBERTAS YANG LEBIH AWAL :

Unknown mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 21.56

seharusnya di jelaskan lebih detail faktor-faktor yang mempengaruhi pubertas lebih awal

Intan Pritasari Andriyani mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 00.15

lebih dikembangkan lagi biar lebih jelas.. itu terlalu nggantung hehe
semangat berkarya :D

Unknown mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 12.20

meniru gaya orang dewasaa juga dapat meningkatkan pubertas dini loh.. kayak personil jkt *ups

Unknown mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 21.34

pubertas adalah masa yang semua orang harus lewati. kalaupun percepatan, anggap aja akselerasi :D

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 07.28

masak sih mbak???? ;-)
contohnya kamu yak,,,,,, :-D

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 07.45

dampak terjadinya pubertas lebih awal gimana yak.,??
teruss gimana caranya untuk menghindari terjadinya pubertas awal.,??

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 10.29

pubertas awal sekarang udah wajar mba, emang bener bisa mengakibatkan penyakit. kembangkan :D

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 10.36

trus kalo pubertas lebih awal siapa yang disalahkan?? :D

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 10.36

trus kalo pubertas lebih awal siapa yang disalahkan?? :D

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 16.19

hehehe :D

Post a Comment and Don't Spam!