RBR

Rombongan Belajar Remaja

Penampilan Anak Sekolah Masa Kini

Share on :


Penampilan Anak Sekolah Masa Kini


 
Sekarang ini, penampilan anak sekolah begitu semrawud. Harus kita ketahui, masa remaja adalah masa pubertas dimana anak mulai mencari jati dirinya. Masa remaja sangat berpengaruh pada pembentukan kepribadiannya. Pergaulan yang menyimpang seringkali dianggap benar pada remaja, hendaknya orang tua harus lebih waspada dengan putra putrinya karena anak akan mudah sekali mengikuti lingkungan disekitarnya, apalagi di kalangan pelajar masa kini. Penampilan bagi mereka adalah aset yang harus dimiliki karna merupakan penunjang kepercayaan diri. Gaya yang sering ditampilkan justru gaya yang menyimpang. Tentunya orang tua cemas dan khawatir melihat penampilan anaknya yang seperti itu. Aturan yang dibuat oleh sekolah tentang cara berpakaian yang rapi dan sopan pun di abaikan oleh para siswa alasannya adalah style. Busana minim lebih disukai wanita sedangkan pria lebih percaya diri dengan aksesoris ditubuhnya.
Penampilan anak sekolah jaman sekarang berbeda dengan jaman dulu. Anak sekarang lebih mengikuti trend teman-temannya yang condong ke barat-baratan.  Anak perempuan yang berjilbab, kerudungannya hanya di selampirkan ke belakang tanpa menggunakan peniti di bagian depan. Ini lebih disukai karena menurutnya adalah trend.  Sedangkan baju yang digunakan ketat dan kecil dengan meggunakan rok rempel dan panjangnya kurang lebih 15cm di atas mata kaki. Memang tidak dipungkiri, padahal menurut Islam memakai pakaian yang dianjurkan dengan menutupi auratnya. Apalagi, kaos kaki yang digunakan pendek semata kaki, dengan sepatu berwarna hitam putih, putih di bagian sampingnya. Cara ini di anggap trend atau bahasa anak sekarang adalah “gaul”. Jika ada yang berpenampilan tidak seperti itu dianggapnya “cupu”. Ini tentu akan membawa dampak yang buruk bagi anak yang belum mengikuti trend tersebut, karena cemoohan teman-temannya bisa saja mereka akan ikuti cara berpenampilan tersebut.
Disamping itu,untuk yang tidak memakai jilbab tentunya tidak mau ketinggalan dengan yang lainnya.Karena rambut dianggap penting bagi penampilannya, sekarang banyak anak sekolah khususnya perempuan merubah rambutnya menjadi lurus yang sering disebut dengan  “rebonding”. Orang tua semestinya harus lebih berhati-hati dalam menjaga anak perempuannya, karena anak yang sudah mengikuti pergaulan jaman sekarang akan sangat mudah terpengaruh. Tidak hanya untuk perempuan, namun untuk laki-laki pun menghiasi aksesoris ditubuhnya seperti gelang, kalung, dan sebagainya. Baju yang dikeluarkan juga merupakan trend anak jaman sekarang dengan menggunakan kaos kaki semata kaki dan juga celana dibikin model pensil. Seharusnya anak berperilaku baik sebagai penerus bangsa. Penampilan anak sekolah masa kini perlu di benahi agar tidak terjurumus pada sesuatu yang kurang baik nantinya.


by : Suerlin Diah Utami

7 komentar on Penampilan Anak Sekolah Masa Kini :

Unknown mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 12.19

anak sekolah zaman sekarang memang seperti itu,hal itu bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan, teman bergaul. namun tidak semuanya seperti yang telah di tuliskan di atas. banyak anak-anak yang mengikuti organisasi rohis,tentu saja mereka tidak berpenampilan seperti itu. kan ngga lucu, masa anak rohis roknya 15 cm di atas mata kaki, baju dikeluarkan, kaos kaki pendek.. ya kan mba suerlin?? :-)

Intan Pritasari Andriyani mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 00.12

menarik ko, tapi penggunaan bahasanya alangkah baiknya di sama ratakan , agar tidak terkesan campuran..
singkronan antara kali 1 dengan yang lain juga.. biar tulisan yang kita buat itu ngena di hati si pembaca.. sehingga tanpa mikir pun pembaca udah ngerti , hehe
semangat berkarya mbak erlin :D

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 07.18

penampilan anak sekolah zaman sekarang memang seperti itu, kalau mereka mengikuti penampilan zaman dulu pasti akan dibilang jadul. jadi mereka berpenampilan sesuai dengan perkembangan zaman.

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 07.31

mungkin ingin bisa jadi terkenal :-D

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 10.27

budaya sekarang memang sangat berbeda engan budaya dulu. sekarang makin semrawud.

kembangin lagi yaa :D

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 10.42

tergantung pergaulannya saja, kalo anaknya bergaul sama orang baik pastinya juga akan baik :D

Unknown mengatakan... 5 Januari 2014 pukul 20.36

artikel perlu pengembangan lagi :D

Post a Comment and Don't Spam!