RBR

Rombongan Belajar Remaja

Apa yang salah dengan Copy-paste ?

Share on :
oleh: Homsa Diyah Rohana

copy-paste adalah suatu aktivitas mengambil karya orang lain (khususnya sebuah tulisan) dan kemudian dijadikan sabuah karya sendiri. Menyadur tulisan tersebut bisa berasal dari sumber manapun, dari mesin pencari (google) bisa juga dari tulisan teman sendiri. Copy-paste tidak beda jauh dengan mencontek dan plgiarism, karena sama-sama mengambil hasil karya/buah pikiran orang lain. Kegiatan ini sering dan paling banyak dilakukan oleh anak-anak sekolahan. Dengan dalih kepepet dan kebutuhan.
Para pelaku copy-paste kebanyakan biasanya hanya mencomot  hasil karya orang lain kemudian tidak mencamtumksn siapa sebenarnya pemilik karya tersebut. Tidak salah jika saja dalam meng-copy dan hendak menyadur karya tulisan itu mencantumkan sumber dan pemiilik tulisan itu. Jadi, boleh-boleh saja kita meminjam karya orang lain tetapi tidak untuk dimiliki dan dijadikan karya sendiri. Tapi jadikan hanya sebagai referensi saja. Manusia sebagai makhluk sosial tidaklah bisa hidup tanpa adanya bantuan dari orang lain. Tetapi sudah sepantasnya juga manusia yang telah diberi pertolongan oleh orang lain untuk mengapresiasinya atau menghargainya sebagai ungkapan rasa terima kasih. Karena jika kita saja bisa menghargai orang lain, maka mereka jugs akan bisa menghargai kita.

Plagiarism di Indonesia semakin marak saja, aplagi dengan pesatnya perkembangan teknologi di masa kini. Untuk mengakses internet sekarang sudah cukup mudah, hampir di pelosok desa sudah bisa memanfaatkan internet. Kita bisa dengan bebasnya meng-akses berbagai situs yang kita inginkan. Namun dengan kemudahan tersebut juga membawa efek negatf. Diantaranya untuk para anak-anak sekolah dan juga mahasiswa. Kemudahan itu menjadikan anak-anak sekolah dan mahasiswa malas untuk pergi ke perpustakaan dan membaca buku. Mereka lebih memilih yang praktis saja dengan memanfaatkan internet unutk mengerjakan tuga-tugas sekolah mereka. Buku sudah terkalahkan dengan kemajuan teknologi yang semakin tambah zaman semakin cepat saja kemajuannya. Internet menjadi buku yang lebih praktis, karana tinggal ketik sja kata kunci yang di iniginkan, maka beribu jawaban akan muncul tersedia. Dibandingkan dengan membaca buku, harus membaca-baca beratus halaman terlebih dahulu, baru akan menemukan jawabannya. Karena itulah, copy-paste atau plagiarism tejadi. Cobalah untuk selalu menghargai jeri payah hasil karya orang lain, mulai dari sekarang dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya J.

5 komentar on Apa yang salah dengan Copy-paste ? :

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 12.41

tulisannya menginspirasi, terimakasih ..
bagaimana menurut anda cara agar mahasiswa tidak melakukan plagiarisme ?

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 12.46

cukuo percaya diri aja, serahkan semuanya kepada Alloh SWT :) . terima kasih komennya

Kiswah Amalia mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 12.57

tulisannya bagus mbk, mampu menyadarkan pembaca untuk tidak melakukan "co past mentahan" namun kata2 yang dipakai kurang "jleb" biar pembaca bisa bnar2 jera untuk tidak co past lgi.. :)

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 13.17

kalau saja ada referensinya akan lebih menguatkan argumen anda

-' mengatakan... 23 Desember 2013 pukul 11.03

Gak ada yang salah kalo minta izin sama yang mau di copy

Post a Comment and Don't Spam!