RBR

Rombongan Belajar Remaja

Biangkerok Copy Paste Dibalik Tugas

Share on :
Oleh : Ade Romadoni

        Copas biasa dikenal dengan sebutannya yang simple dan sebenarnya berasal dari kata copy paste yaitu cara menggandakan dan menempelkan sebuah kalimat atau hasil karya orang lain dari sumber referensi tanpa mencantumkan alamat URL referensi dan tanpa merubah kata-kata sesuai dengan sumber. Kegiatan copas termasuk kedalam tindakan penjiplakan karena ketika akan membuat kalimat menurun sama persis kata-kata dari referensi tanpa merubah, seperti hanya digandakan saja. Akhir-akhir ini masalah tentang copas termasuk kedalam hal yang haram karena mengambil ciptaan karya orang lain tanpa kita ijin terlebih dahulu dan tanpa mencantumkan alamat URL nya.

       Akahir-akhir ini  fenomena copy paste itu sudah sangat banyak dan sudah sangat biasa dikalangan pelajar dan mahasiswa,  entah itu disengaja ataupun tidak terkadang orang tidak sadar apa yang mereka tulis adalah hasil karya orang lain. Copas itu berbeda dengan mengutip, mengutip adalah mencatat ulang kalimat dengan kalimat sendiri tetapi intinya sama dan tetap mencantumkan sumber referensinya.

        Sebab-sebab mahasiswa melakukan copy paste adalah karena mahasiswa malas untuk mengerjakan tugas dengan mandiri, terlalu dimanjakanya sekarang dengan internet yang semuanya telah ada, dan ironisnya orang tersebut tidak sadar apa yang dia lakukan adalah copy paste  karen ketidak tauan tentang tata cara pengutipan yang benar. Tentang masalah perkembangan terknologi dan informasi memang semakin memudahkan manusia dalam berbagai bidang, contohnya saja seperti sekarang ini untuk mencari tugas kita cukup hanya memasukan kata kunci ke akun Google dan jawaban akan keluar, ini juga termasuk faktor utama penyebab copy paste karena perkembangan internet tidak lagi dapat kita bendung.

       Sebenarnya jika dalam masalah ini yang tersoroti adalah pelajar/ mahasiswa, tetapi sebenarnya ada yang menyebabkan mengapa palajar melakukan tindakan penggandaan dan penempelan itu sendiri karena tugas dari guru/ dosen yang tidak inovatif, guru biasa memberikan tugas mengenai penelitian-penelitian yang tidak dilandaskan dengan potensi siswanya yang nantinya menimbulkan copy paste karena siswa tidak banyak tau tentang penelitian tersebut.


       Solusi untuk memberikan tugas dengan membuat apa yang mereka tekuni adalah cara yang efektif untuk menghindari copy paste dalam pengerjaan tugas, maka dari itu guru harus dapat menggali terus bakat dan potensi siswanya dengan cara-cara yang berbeda dari pemberian penugasan. Canangkan bahwa kegiatan plagiat itu tidak diperkenankan dan melanggar hukum hak cipta. Dengan cara diatas efektif untuk mengurangi kebiasaan siswa dalam copy paste dalam pengerjaan tugas.

15 komentar on Biangkerok Copy Paste Dibalik Tugas :

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 13.26

Penulisan kata kurang teliti, dan kurang efektif..

Anonim mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 13.28

artikelnya sudah cukup bagus, hanya saja penggunaan kata masih belum menarik.

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 13.51

budaya copast karena kemajuan teknologi,pada malas baca buku

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 13.58

apakah ada solusi lain untuk menangani permasalahan copas tersebut selain cara itu?
munkin guru atau dosen memberi nila E atau tidak lulus jika ketahuan copas

Unknown mengatakan... 20 Desember 2013 pukul 07.01

arurum : iya mba maaf ini karena baru tahap belajar :)
Dolphin : okeyy
afidd : kita terlena dimanjakan dengan teknologi
hadi : mungkin itu dapat jadi pertimbangan, :)

Unknown mengatakan... 20 Desember 2013 pukul 07.04

Ya sudah cukup bagus, tapi kurang mendetail :)

Unknown mengatakan... 20 Desember 2013 pukul 07.05

okey mba naili, untuk kedepannya akan lebih merinci lagi hehe

Unknown mengatakan... 20 Desember 2013 pukul 07.09

mencantumkan alamat urlpun mnurutku termasuk copas sih -_-

Unknown mengatakan... 20 Desember 2013 pukul 07.16

iya sih tapii setidaknya meringankan sedikit dosa copas dan tingkat kesopanan copas hahaha

Unknown mengatakan... 20 Desember 2013 pukul 07.27

iya benar, sekarang banyak mahasiswa/siswa yang menjiplak karya orang lain dalam pengerjaan tugasnya. tapi ya ngga semua mahasiswa/siswa seperti itu tentunya kan ??? :)

Unknown mengatakan... 20 Desember 2013 pukul 07.29

Tentu tidak teman, tapi kebanyakan saja seperti itu karena terlalu dimanjakannya dengan kemajuan teknologi

Unknown mengatakan... 20 Desember 2013 pukul 07.42

apakah anda sendiri juga copas?

Unknown mengatakan... 20 Desember 2013 pukul 07.47

kalo untuk artike ini tidak, tapi pernah saat dapat tugas dari dosen mengambil dari google utuh2 hahaha tapi itu buat pembelajaran aja buat kedepannya untuk tidak melakukan copas :)

FN Muktiono Dimi mengatakan... 23 Desember 2013 pukul 19.25

menurut saya copy paste di internet itu sah sah saja.. coba baca artikel ini http://rombelkita2.blogspot.com/2013/12/copy-paste-di-internet-itu-legal.html

Unknown mengatakan... 29 Desember 2013 pukul 19.27

wahhh wahh sangat berbenturan dengan pendapat anda ya ini :D

Post a Comment and Don't Spam!