RBR

Rombongan Belajar Remaja

MENURUNNYA NORMA PADA REMAJA INDONESIA

Share on :
MENURUNNYA NORMA PADA REMAJA INDONESIA
Akhmad khamaludin 1102413065
Bangsa Indonesia sekarang ini sedang menghadapi krisis moral, banyak dari masyarakatnya melupakan jati diri bangsa yang memegang teguh nilai-nilai yang berlaku di negara ini, krisis yang paling menonjol yaitu krisis penurunan moral pada generasi-generasi muda bangsa indonesia. Banyak yang menjadi sebab dari permasalah ini diantaranya yaitu karena semakin pesatnya kemajuan teknologi sehingga seakan dunia tidak memiliki sekat pembatas antara budaya barat dan budaya ketimuran. Seperti diketahui bersama bahwa media, berperan besar dalam pembentukan budaya masyarakat dan proses peniruan gaya hidup, tidak mengherankan pada masa sekarang adanya perubahan cepat dalam teknologi informasi menimbulkan pengaruh negatif, meskipun pengaruh positifnya masih terasa. Kalau dapat diumpamakan remaja perkotaan sudah tertular dengan gaya hidup barat yang berprinsip pada budaya kebebasan contohnya : pergaulan bebas, individual, mabuk dll. Ada banyak yang menyebabkan pergeseran nilai norma diantaranya: Longgarnya pegangan terhadap agama,  Kurang efektifnya pembinaan moral yang dilakukan oleh rumahtangga, sekolah maupun masyarakat.   Dasarnya harus budaya materialistis, hedonistis dan sekularistis.    Belum adanya kemauan yang sungguh-sungguh dari pemerintah.
Beberapa faktor lain yang menyebabkan menurunnya moral dan etika generasi muda saat ini adalah:
a. Salah pergaulan, apabila kita salah memilih pergaulan kita juga bisa ikut-ikutan untuk melakukan hal yang tidak baik
b. Orang tua yang kurang perhatian, apabila orang tua kuran memperhatikan anaknya, bisa-bisa anaknya merasa tidak nyaman berada di rumah dan selalu keluar rumah. Hal ini bisa menyebabkan remaja terkena pergaulan bebas.
c.Ingin mengikuti trend, bisa saja awalmya para remaja merokok adalah ingin terlihat keren, padahal hal itu sama sekali tidak benar. Lalu kalu sudah mencoba merokok dia juga akan mencoba hal-hal yang lainnya seperti narkoba dan seks bebas.
d Himpitan ekonomi yang membuat para remaja stress dan butuh tempat pelarian.
Seharusnya sebagai generasi penerus bangsa kita harus dapat memiliki sifat yang baik agar tercapainya kemajuan bangsa indonesia ,karena masa depan bangsa akan ada di pundak kita semua

5 komentar on MENURUNNYA NORMA PADA REMAJA INDONESIA :

Unknown mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 14.35

memang remaja indonesia saat ini lebih memikirkan style daripada norma, jadi kita harus membangun norma yang mulai luntur tersebut

Unknown mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 14.50

migren norma...

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 07.34

Terus bagaimana mas solusinya? :)

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 07.36

memang saat ini norma pada anak indonesia sudah sangat menurun.

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 07.55

pendidikan karakter itu perlu :3

Post a Comment and Don't Spam!