RBR

Rombongan Belajar Remaja

Pengaruh Kosmetik untuk Remaja di bawah umur

Share on :
Sekarang ini mencari produk kecantikan yang dapat memutihkan kulit bukanlah perkara yang sulit. Di setiap sudut tempat perbelanjaan, pasti dijual kosmetik-kosmetik semacam itu. Namun apakah kita mengetahui pengaruh produk kecantikan terhadap kulit dan perkembangan biologis pemakainya. Termasuk untuk para remaja wanita yang masih dibawah umur. Saat ini banyak remaja putri yang menggunakan kosmetik, mereka tergiur untuk menggunakan produk kecantikan, dikarenakan dapat memutihkan kulit dengan cepat.  Mereka belum mengetahui dampak yang akan terjadi dari penggunaan kosmetik tersebut. Banyak produk kosmetik yang mengandung zat-zat kimia berbahaya yang dapat merusak kulit. Untuk itu perlu menghindari produk-produk kecantikan yang menggunakan zat kimia berbahaya, seperti : Hidrokinon (Hydroquinone),Merkuri (air raksa),Rhodamin B, Retinoic Acid atau Asam Retinoat atau Tretinoin. Zat-zat kimia tersebut berbahaya untuk kulit, apalagi untuk remaja yang masih dibawah umur. Karena kulit mereka masih sensitif terhadap kosmetik.
Selain berdampak pada kesehatan kulit. Penggunaan produk kecantikan pada remaja putri dibawah umur dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak tersebut. Mereka merasa dewasa dengan mengenakan produk kecantikan, seperti yang dikenakan kaka atau ibu mereka. Dan dampaknya mereka bersikap seolah-olah seperti orang dewasa. Padahal anak usia 7 tahun itu adalah masa-masa dimana mereka sibuk bermain dan belajar dengan temannya, namun karena mereka sering melihat kakanya atau ibunya yang menggunakan kosmetik, akhirnya merekapun mencoba untuk memakainya. Karena masa-masa tersebut adalah masa dimana kita mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu yang dianggapnya baru.
Dengan demikian banyak yang menggunakan kosmetik, terutama para remaja putri yang masih dibawah umur. Mereka sudah mengetahui  tentang penampilan dan bagaimana caranya merubah penampilan. Hal itu bisa dilakukan dengan mudah, yakni dengan menggunakan produk kecantikan. Selain itu mereka juga terpengaruh lingkungan, yang didaerh tersebut banyak wanita dewasa dan mereka sering bergaul dengannya. Selain itu, dengan banyaknya iklan yang ada disekitar masyarakat, juga dapat mendorong untuk penggunaan produk kecantikan yang dapat membuat mereka lebih menarik dari sebelumnya.
                                                                                                                                  


Oleh : Arif NurMuhamad

5 komentar on Pengaruh Kosmetik untuk Remaja di bawah umur :

Iqbal tawakal mengatakan... 6 Januari 2014 pukul 22.39

Kosmetik memang sudah merajalela, perlu dilakukan pengawasan karena banyak kosmetik ilegal yg beredar merajalela, maka dari itu perlu ditambahkan bagaimana cara mengatasi beredarnya kosmetik ilegal

maudi rahmawati mengatakan... 15 Januari 2014 pukul 22.32

jadi gini., menurut saya kosmetik itu perlu untuk meningkatkan pencitraan kita di masyarakat. mengapa demikian karena untuk membuat diri kita di kenal dan di lirik oleh individu maupun lembaga atau perusahaan maka kita harus berpenampilan menarik dengan cara make up. namun ketika penggunaan kosmetik kemudian mulai menjalar dan mempengaruhi ke kehidupan anak di bawah umur maka hal tersebut tidak etis dan kurang tepat.

rahmat hidayat mengatakan... 15 Januari 2014 pukul 22.34

sedikit kritik dan saran dari saya mengenai artikel anda adalah penggunaan tata bahasa yang baik dan benar sesuai EYD perlu di perhatikan. ituuuu....

icha septiana dewi mengatakan... 15 Januari 2014 pukul 22.36

mengenai pembahasan artikel anda saya rasa cukup menarik dengan mengambil tema tersebut. karena zaman sekarang anak di bawah umur sudah berlomba-lomba untuk mempercantik diri terutama anak SMA.

Sasa mengatakan... 6 Desember 2014 pukul 11.15

kalau ngatasi jerawat kecil-kecil gitu tapi banyak...untuk remaja pakainya apa ya yang aman?

Post a Comment and Don't Spam!