RBR

Rombongan Belajar Remaja

Khawatir Punya Artikel ?

Share on :
oleh : Ratih Hidayah 
     

           Seringkali seseorang merasa khawatir dengan artikel yang mereka buat di situs-situs dunia maya. Sebab banyak sekali kejadian artikel mereka kehilangan hak ciptanya karena diklaim oleh orang lain. Padahal sudah jelas sekali bahwa data-data yang berada di situs tersebut adalah milik orang tersebut. Walaupun ada beberapa orang berfikir, ketika artikel yang mereka buat, sering dibuka oleh pengguna internet maka isinya memang benar-benar bagus atau sesuai. Tetapi, kesalahan di sini orang yang menyalin itu semua dengan tanpa dosa mengganti dan menambahi artikel tersebut, tanpa mencantumkan alamat, atau nama yang sebenarnya berkaitan langsung dengan  pengarang artikel tersebut. Mungkin ini baru artikel, belum karya-karya yang lain yang bisa di salin oleh tangan-tangan jahil.

            Seharusnya para tangan jahil itu menyadari bahwa perbuatannya itu dosa apabila dalam menyalin tidak diberi keterangan tentang riwayat atau asal usul karya tersebut. apalagi membuat orang merasa khawatir. Tetapi karena tangan-tangan jahil tersebut sudah memiliki kebiasaan untuk meniru apapun yang ada di sekitarnya. Sekarang, bagaimana carra untuk menghindari kebiasaan itu adalah selalu berfikir kritis,bahwa mengopi karya orang itu beda-beda tingkat jenisnya. Kemudian untuk optimalisasi pengggunaan inernet baiknya diberi fitur agar terbebas dari kasus copy paste. tetapi memang ironis sekali ketika semua sudah ada alat canggih untuk mendeteksi masalah copy paste ini, tetapi tetap saja ada yang nekat untuk melakukan tindakan tersebut. ya...memang begitulah orang, hanya mementingkan keinginan semata untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa berfikir panjang apa akibatnya.
                
         Kemudian motif kejadian kasus copy paste malah menjadi trend dimana-mana, seperti di sekolah, kampus, ataupun  tempat-tempat lain yang memerlukan aksi tersebut. Kejadian itu sudah marak ketika internet mulai booming. Sekarang, sebaiknya para pengawas teknologi informasi sebisa mungkin membentuk komisi perlindungan hak cipta pada setiap karya walaupun hanya sekadar karya kecil yang sebenarnya tidak pantas untuk di berikan tanda hak cipta tersebut. Setidaknya, pemerintah bisa memaklumi hal tersebut, karena dengan adanya pengawasan yang ketat tindakan plagiarisme akan bisa berkurang setiap harinya. Tidak hanya menyusahkan orang, atau membuat kecewa orang dalam meluruskan sebuah penemuan baru yang mereka buat. Harapan orang yang merasa khawatir akan berpaling jika pemerintah tegas terhadap tindakan plagiat ini.

6 komentar on Khawatir Punya Artikel ? :

Kiswah Amalia mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 14.45

bagus mbk, kata2 yang dipakai cukup menyindir, semoga para penganut aliran co past bisa bertaubat.

hidayahratih.blogspot.com mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 16.10

hahaha amiiin....saya sengaja cuma nulis segitu, soalnya takut para "terdakwa" tersungging...hihi

Unknown mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 16.13

bagus...kita harus mengembangkan sikap kretif bukan plagiat,, :)

hidayahratih.blogspot.com mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 16.22

sipp....dengan mengonservasi jiwa spiritual kita dulu :)

Briyan A.P mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 17.10

Good artikel mba ratih... :) tapi gimana ya cara nya menyadarkan orang-orang agar tidak copas lagi? Hho...

hidayahratih.blogspot.com mengatakan... 17 Desember 2013 pukul 17.14

sampai sekarang saya juga belum menemukan solusi yang tepat, karena copy paste itu kembali ke diri kita masing2. ya mungkin kalo memang kita sudah bisa mengonservasi jiwa kita masing2, hal2 yang jelek dilakukan insyaallah akan hilang...

Post a Comment and Don't Spam!