RBR

Rombongan Belajar Remaja

Pendewasaan Dini, Yes or No…

Share on :
    Dizaman dewasa ini masalah pendewasaan dini mungkin sudah menjadi hal yang lumrah bagi kita semua. Anak-anak mulai pacaran, mulai meniru fashion yang aneh, mulai berdandan layaknya orang dewasa, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti band anak, penyanyi anak,  bahkan yang paling ekstrem sampai film remaja yang dimainkan oleh anak-anak. Anak-anak merupakan salah satu mahluk yang paling labil sehingga mudah sekali dipengaruhi oleh tontonan-tontonan yang ada di televisi, apalagi sekarang ini hampir setiap rumah memiliki TV, nah disinilah peran keluarga dalam mengawasi buah hati mereka. Jangan sampai media TV justru malah mempengaruhi buah hati anda menjadi kurang memiliki norma dan sopan santun yang sesuai dengan budaya Indonesia.
    Salah satu faktor yang mempengaruhi pendewasaan dini adalah lingkungan. Seperti yang sudah dibahas diparagraf pertama bahwa televisi memegang peran yang paling besar dalam mempengaruhi pendewasaan dini pada anak. Anak-anak yang banyak menonton film-film pacaran maka mereka pasti akan terpengaruh dan tertarik untuk melakukannya, apalagi kalau yang memerankan dalam film tersebut juga anak-anak, seperti sinetron my heart yang dulu ditampilkan di salah satu stasiun televisi di Indonesia.
    Problem pendewasaan ini sudah lama menjadi perdebatan diberbagai kalangan. Ada yang pro adapula yang kontra. Mereka yang pro beranggapan bahwa pendewasaan dini  ini akan menjadi salah satu fondasi yang bagus dalam pengembangan karakter dewasa nantinya. Sementara mereka yang kontra dengan pendewasaan dini beranggapan bahwa anak harusnya berkembang sesuai dengan kodrat mereka, anak-anak ya kodratnya untuk belajar dan juga bermain. Apabila mereka sudah mengalami pendewasaan dini maka akan mengekang daya kreativitas dan daya khayal mereka. Anak kecil yang harusnya penuh dengan daya imajinasi tidak akan bisa berkembang dengan baik bila mereka sudah berfikiran dewasa. jadi terserah dalam masalah pendewasaan dini ini anda, mau ikut yang pro atau yang kontra.
  
By : Imam Bustanul A

4 komentar on Pendewasaan Dini, Yes or No… :

Rohmat M H mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 18.09

pendewasaan dini, untuk sekarang ini memang ndag bisa dihindari, karena banyaknya film yang mengisikan tentang anak kecil yang sudah secara fulgar bercinta. :)

Unknown mengatakan... 31 Desember 2013 pukul 14.38

pendewasaan dini contohnya seperti apa ya konkretnya?

Unknown mengatakan... 2 Januari 2014 pukul 15.00

menurut saya anak harus berkembang sesui dengan kodrat alaminya

Kiswah Amalia mengatakan... 2 Januari 2014 pukul 15.15

lebih baik perkembangan seorang anak berjalan secara alami tidak ada yang dilebih2kan ataupun yang dikurangi,,,:)

Post a Comment and Don't Spam!