RBR

Rombongan Belajar Remaja

Ketika Anak Belum Cukup Umur Mengendarai Motor

Share on :

Pada zaman sekarang ini sudah banyak teknologi-teknologi canggih yang dapat digunakan oleh segala usia. Termasuk dalam transportasi yang semakin memudahkan dikalangan masyarakat. Dalam bermacam-macamnya alat transportasi, alat transportasi/kendaraan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat yaitu sepeda motor. Sepeda motor tergolong dalam alat transportasi yang mudah. Dalam penggunannya pun cukup mudah dan harganya yang relatif murah sehingga terjangkau dikalangan masyarakat Indonesia. Dalam satu keluarga sudah banyak yang memiliki kendaraan seperti sepeda motor. Dalam satu keluarga dapat memiliki satu unit kendaraan bahkan lebih, sesuai dengan kebutuhan keluarga tersebut. Sehingga tak jarang sekarang ini banyak dijumpaianak-anak yang sudah bisa menggunakan sepeda motor dan berani untuk menggunakannya dijalan.
            Melihat fenomena anak kecil yang mengendarai sepeda motor ini sebenarnya sungguh tidak pantas. Sudah banyak anak SMP maupun anak SD yang bermain sepeda motor. Anak-anak ini seharusnya belumpantas diberi ijin oleh orang tua untuk dapat bermain sepeda motor. Karena dalam berkendara sepeda motor diperlukan kedewasaan untuk dapat mengendalikannya. Dan anak-anak ini masih belum pantas karena mereka belum mengerti tentang kedewasaan dan mereka cenderung menggunakan untuk bermain, kebut-kebutan, atau gaya-gayaan untuk pamer terhadap teman-temannya.  Seharusnya pengawasan orang tua lebih diperhatikan dlam hal ini, karena anak-anak yang belum memiliki nalar orang dewasa masih cenderung labil dalam menggunakan sepeda motor. Ketika anak-anak menggunakan sepeda motor dijalan raya ini cukup membahayakan bagi orang lain maupun pada anak sendiri. Hal ini termasuk dalam kategori pendewasaan dini karena motor seharusnya digunakan untuk orang yang usianya 17tahun atau lebih yang sudah memiliki surat ijin mengemudi (SIM). Ketika anak yang belum berusia 17tahun atau belum memiliki SIM namun sudah berani menggunakan sepeda motor biasanya kemampuan mereka untuk mengendalikannya msih kurang. Karena mereka menggunakan insting kekanak-kanakan yaitu  insting untuk bermain.

            Dengan demikian maka pentingnya arahan atau pengawasan orang tua untuk melarang anak-anak yang belum cukup umur untuk tidak menggunakan sepeda motor terlebih dahulu. Hal ini untuk kebaikan anak dan kebaikan orang lain. 

4 komentar on Ketika Anak Belum Cukup Umur Mengendarai Motor :

Rohmat Muflikhul H mengatakan... 9 Januari 2014 pukul 12.46

tapi belum tentu yang membuat pelanggarang LL adalah anak yang dibawah umur,.,.,

Unknown mengatakan... 10 Januari 2014 pukul 01.58

orang tua harus bersikap tegas dalam masalah ini
jika mereka memberikan arahan namun tetap memperbolehkan anak mereka menaiki motor sebelum saatnya sama saja BOHONG
arahan + tindakan yang tegas tentunga

#good article (y)

ana mengatakan... 16 Januari 2014 pukul 07.36

anak kecil jaman sekarang uda dipegangin motor kebanyakan -_-

Rizal mengatakan... 16 Januari 2014 pukul 07.47

wah bener banget tuh, anak2 jaman sekarang emang berbahaya kalo naek motor

Post a Comment and Don't Spam!