RBR

Rombongan Belajar Remaja

Pentingnya Kedisiplinan Berfashion Sesuai Aturan di Sekolah

Share on :




            Melihat dari gaya berpakaian pelajar sekolah pada saat ini mungkin memang terlihat kaku dan membosankan. Pakaian berseragam yang digunakan pelajar sangat penting untuk digunakan sebagai identitas bahwa dia merupakan siswa pelajar. Kewajiban untuk berseragam yaitu untuk mendidik siswa agar dapat menerapkan kedisiplinan dalam kesehariannya. Dengan berseragam pun siswa diajarkan untuk menerapkan bahwa semua siswa yang berseragam itu setara atau sejajar, agar tidak terjadi perbedaan saat berseragam sekolah melalui status sosial dalam masyarakat.  Agar proses belajar mengajar pun berlangsung lebih formal seragam pada siswa digunakan sebagai simbol bahwa pembelajaran yang terjadi yaitu proses pendidikan yang cukup tertib.
             Pada gaya berfashion sesuai aturan disekolah yang biasanya diatur dari ujung kepala sampai pucuk kaki yaitu ; kerajinan rambut, untuk siswa laki-laki maupun perempuan biasanya diharuskan untuk merapikan rambutnya, terlebih pada pria yang tidak diperbolehkan memiliki rambut panjang seperti perempuan. Kemudian pada baju yang diharuskan sesuai dengan aturan dan tidak boleh dikeluarkan, namun tidak semua sekolah melarang mengeluarkan bajunya, ada sekolah yang mengharuskan mengeluarkan bajunya. Pada bagian bawah rok/celana harus seragam dengan yang lainnya, biasanya tidak diperbolehkan memakai celana/rok yang modelnya tidak sesuai atau tidak pantas digunakan saat jam sekolah. Dan yang terahir yaitu sepatu, sepatu siswa sekolah pada umumnya diharuskan berwarna hitam, dan di beberapa sekolah diperbolehkan bersepatu bebas pada hari sabtu.
            Dari gaya berfashion sesuai aturan disekolah tak jarang ditemukan siswa yang tidak mentaati peraturan tersebut, banyak anak yang secara langsung melanggarnya dengan alasan kebebasan berekspresi. Memang benar gaya berfashion sesuai aturan sekolah tidak berpengaruh dalam proses belajar mengajar, namun berfungsi untuk mendidik siswa, karena sekolah di Indonesia sekarang ini bertujuan untuk mendidik, tidak hanya mengajar pembelajaran. Sebenarnya dengan dibuatnya peraturan berfashion yaitu berguna untuk mendidik siswa agar selalu tertib dan rajin. peraturan berfashion ini sangatlah penting untuk mengembangkan moral siswa, moral ini yaitu sebuah hal yang pastinya diterapkan dalam dunia kerja beserta kedisiplinan. Dengan terciptanya siswa yang disiplin maka kedepannya siswa akan mampu berkembang dengan baik, siswa akan mampu menjadi generasi penerus yang bermoral, generasi yang akan menjadikan Indonesia lebih disiplin dan berkembang untuk kedepannya.


Oleh : Muhammad Abdul Jabbar @abduljabbaaar

4 komentar on Pentingnya Kedisiplinan Berfashion Sesuai Aturan di Sekolah :

Ilham Farid mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 14.50

setuju sama agan (y)
pada dasar nya seragam sebagai identitas sekolah sangat penting untuk membedakan antar sekolah

Muafid Ardiansyah mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 15.10

lalu mode fasion sekolah yang bagus bagaimana?tapi nggak ketingglan zaman tentunya...
:D

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 15.32

trus gaya fashion seperti apa yang baik dan ideal?

-' mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 15.46

peraturan di buat untuk dilanggar kalo gak hidup di sekolahan bakalan statis

Post a Comment and Don't Spam!