RBR

Rombongan Belajar Remaja

Gaya Ukir Rambut pada Remaja (Headstyle)

Share on :
Oleh: Ade Romadoni

Gaya ukir rambut atau headstyle dikenal dengan seni gaya pada anak jaman sekarang , gaya ini memadukan antara seni keindahan dan kelihaian serta kemahiran seorang pencukur untuk memainkan alat cukurnya yang terinspirasi dari keluwesan garis-garis  yang memunculkan keindahan bagi yang melihatnya. Gaya semacam ini sangat mudah untuk diterima anak jaman sekarang karena memperlihatkan keunikan serta kecirikhasan bagi peminatnya yang notabene para pemuda yang sangat senang mencari sensasi serta jati dirinya. Gaya ini sebenarnya telah ada sejak dulu tepatnya di London Inggris pada akhir tahun 1960-an yang dikenal dengan nama skinhead. Pada dasarnya seorang laki-laki jika memotong rambutnya rapi dan terlihat bersih serta tidak banyak gaya tetapi kata itu sekarang telah bergeser seiring silih bergantinya era, sitiap era memiliki khasnya masing-masing gaya jambul tin-tin misalnya gaya dengan rambut depan menjulang keatas layaknya cula yang beken pada era perfilman serial tin-tin, gaya rambut elvis dengan gayanya yang rapi serta mengkilat,  dan semakin medernnya zaman semakin bervariatif pula gaya potongan rambut laki-laki.

Rambut memanglah mahkota tidak hanya pada wanita tetapi pada pria juga, diera sekarang ini anak-anak yang baru berumur 6 atau 7 tahun telah mengerti apa itu style dalam potong rambut sangat mengerti dan menginginkan gaya untuk menunjang kepercayaan dirinya, hal ini yang menjadi cikal bakal merebaknya style-style gaya rambut mudah diterima kaum muda. Berlanjut pada tingkat selanjutnya yaitu siswa yang sangat peka dalam perkembangan mode dan fashion baik karena pengaruh lingkungan juga karena gaya hidup yang hedonisme yang menuntun pada glamorisasi. Gaya rambut sekarang ini yang banyak diminati siswa-siswa serta anak muda adalah gaya rambut mowhak dan gaya ukir rambut atau yang sering dikenal dengan skinhead.

Dibalik keunikan setiap gaya rambut seperti gaya ukir rambut tetap saja memiliki nilai (value) yang kurang dimata beberapa orang, siswa terutama ketika disekolahnya ada aturan yang mengharuskan siswa berpotong rambut rapi atau potong 3 2 1, tapi guru  melarangnya dengan dalih kerapian dan kesopanan dilingkungan sekolah, hal ini lah yang kemudian menimbulkan nilai yang kurang untuk style-style yang bisa dikatakan ekstrim ini. Kemudian menimbulkan banyak konflik pelanggaran peraturan yang dilakukan siswa masalah gaya rambut.


Banyak cara untuk mengkreasikan diri salah satu cara kreasi diri yaitu melalui gaya rambut, tapi harus disadari pula setiap hal ada batasannya terutama untuk siswa yang masih duduk dibangku persekolahan untuk menuntut ilmu pastilah banyak hal yang harus dipatuhi karena melanggar peraturan sama saja dengan menyalahi aturan. Melalui pemahaman-pemahaman kecil seperti inilah harusnya semua mengerti posisinya dan menempatkan posisi diri yang tepat. Setiap gaya rambut sebenarnya sudah ada tempatnya masing-masing, contohnya gaya potongan pendek dan rapi tepat untuk anak sekolah dan pekerja-pekerja kantor, gaya rambut diwarnai biasa digunakan artis-artis saat tampil dilayar kaca, dan masih banyak yang lainnya dan posisinya masing-masing seperti gaya ukir rambut itu sendiri.

14 komentar on Gaya Ukir Rambut pada Remaja (Headstyle) :

Bagi Cerita mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 10.52

tatanan bahasa bagus ,, tapi kurang sante

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 10.58

tema cukup bagus lah...

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 11.24

bahasa sudah bagus, namun tema yang di ambil kurang tepat. alangkagh baiknya anda mengmbil tema yang tidak kontroversi dengan nilai moral. lebih baik anada mengambil tema yang bisa menjadi tauladan pagi para remaja.

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 11.24

tema bagus, tapi bahasa terlalu lebay

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 15.45

Syarifudin: iya mas, itu hanya contoh tulisan yang terinspirasi dari kenyataan saja tidak untuk ditauladani isinya ko :)

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 15.47

ahmad rifa'i+tri lestari utami : Komen kalian ko berlawanan ya terus yang bener yang mana ini buat koreksi saya? :)

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 16.09

punyaku juga diukir lho :D

Unknown mengatakan... 10 Desember 2013 pukul 16.15

Tapi gaya ukir rambut itu juga seni diri kan, jadi ga ada salahnya kita untuk menggunakan gaya tersebut hehehe
tergantung penempatannya aja :)

Unknown mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 11.37

style rambut harus di sesuaikan sama postur wajah soalnya ngikutin tren aja kalo ngga cocok malah bikin aneh hehe

Unknown mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 12.10

Tuti : iyap benar, terima kasih atas masukannya ya semua :)

-' mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 12.24

gondrong tetap di hati

Unknown mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 12.31

okven : udah ga musim mas jaman sekarang gondrong :p

Unknown mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 20.38

sekeren apapun rambutnya, klo bau ya sama aja :D

Unknown mengatakan... 13 Desember 2013 pukul 17.46

jorok banget itu bang :p

Post a Comment and Don't Spam!