RBR

Rombongan Belajar Remaja

Gaya Berpakaian Ala Korean Style

Share on :

Oleh : Nani Maryani
nani_maryani26@yahoo.com

Pada saat ini, korean style merupakan sebuah gaya berpenampilan yang menjadi trend dikalangan pelajar. Mulai dari model pakaian tabrak warna hingga make up yang digunakan. Jika kita melihat orang korea yang berpenampilan seperti itu memang terlihat sangat cantik dan menarik, namun apa jadinya jika style tersebut digunakan oleh orang yang tidak begitu mengerti mengenai cara berbusana dan hanya sekedar ikut-ikutan agar dikatakan gaul dan tidak ketinggalan zaman? Tentu saja akan terlihat sangat aneh.
Tidak semua orang terlihat pantas (matching) ketika mengenakan pakaian yang mereka inginkan, karena dalam berpakaian tentu saja ada hal-hal yang harus dipertimbangkan, misalnya warna pakaian yang cocok dengan kulit kita, karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah berkulit sawo matang. Namun sepertinya hal tersebut tidak dipedulikan oleh mereka yang sudah terlanjur cinta dengan korean style. Gaya berpakaian tabrak warna ala korean style sudah merebak dikalangan pelajar, warna-warna cerah dan tidak matching kerap kali mereka pakai. Misalnya baju kuning dipasangkan dengan celana merah, baju merah dengan celana orange. Penampilan tersebut menurut saya lebih terlihat seperti gulali yang sering dimakan oleh anak kecil. Namun anehnya mereka sendiri merasa nyaman dengan penampilan tersebut. Padahal tidak sedikit pula pelajar yang tidak menyukai gaya berpakaian ala korean style dan seringkali menyebut mereka “alay”.
Gaya berpakaian tersebut merupakan salah satu pengaruh dari perkembangan zaman yang biasa disebut era globalisasi, dimana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain. Setiap individu memang memiliki kebebasan untuk memilih bagaimana cara mereka berpakaian. Namun alangkah lebih baiknya jika kita juga mempertimbangkan beberapa aspek ketika akan meniru gaya orang lain agar telihat pantas saat dikenakan. Kita sebagai pelajar juga seharusnya tidak terlalu ribet mengenai gaya berpakaian. Karena sebagai pelajar, yang harus diutamakan adalah kualitas otak, bukan penampilan. Jangan sampai kita hanya mengikuti arus tanpa memikirkan baik atau buruknya, termasuk gaya berpakaian ala korean style tersebut.

7 komentar on Gaya Berpakaian Ala Korean Style :

-' mengatakan... 11 Desember 2013 pukul 11.02

yang penting kita harus bisa menyeleksi cara berpakaian dengan kultur budaya kita

legendz elz_malix mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 07.48

indonesia kaya akan budaya termasuk budaya dalam hal berbusana. namun seakan budaya tersebut mati di rumah mereka sendiri. tak banyak orang pribumi yang melirik budaya2 asli indonesia dgn berfikir bahwa budaya tersebut sudah terlanjur usang. mereka pun memang tidak salah toh paradigma ini muncul karena di indonesia sendiri usaha pemerintah dalam mengglobalkan budaya kita sangatlah kurang. karena mereka yang berkuasa lebih melirik kultur asing yang memiliki komoditas bisnis yang sangat luarbiasa. bayangkan dengan cwe2 seksi dan cwo2 ganteng sbg iconnya tentu dgn mudah nya menarik minat masyarakat( yang jelalatan). :)

Siti Soleha mengatakan... 12 Desember 2013 pukul 19.24

budaya barat memang lebih mudah ditiru sehingga bangsa kita tertarik untuk menirunya dan seakan mengikuti perkembangannya.

dweepujiia mengatakan... 14 Desember 2013 pukul 19.59

yups betul,, itu lah pengaruh globalisasi yg terjadi saat ini, menyebabkan budaya" dari luar masuk dan ditiru masyarakat tnpa adanya penyaringan,

Nani Maryani mengatakan... 14 Desember 2013 pukul 20.29

terimakasih atas komentarnya :)

Unknown mengatakan... 2 Januari 2014 pukul 21.56

emm. ya sebenrya sebagai anak bangsa kita harus lebih mencintai budaya kita. jangan lagi jadi penikmat, ssekali kita harus menjadi trendsetter...

Mubashiroh mengatakan... 5 Januari 2014 pukul 18.59

banggalah dengan style yg ada di negara kita, karena dengan demikian, negara kita bisa menjadi negara produsen bukan konsumen

Post a Comment and Don't Spam!